Powered by Blogger.



Kita telah mengetahui cara cara booking tiket pesawat secara online baik itu untuk tiket mandala airlines, lion air, riau airlines, citylink, Garuda Indonesia maupun airasia. Pembayaran atas tiket tersebut pun telah kita lakukan dan kita telah memiliki print out itinerary perjalanan kita. Namun apa yang harus kita lakukan jika tanpa kita rencanakan ternyata jadwal yang telah kita susun sedemikian rupa tersebut harus berubah atau bahkan batal.

Bagaimana dengan tiket yang telah kita bayar? Apakah tiket kita tersebut bisa dirubah keberangkatannya atau dikembalikan uangnya kembali karena kita tidak jadi berangkat?

Untuk mengetahui hal tersebut ada baiknya kita baca beberapa kemungkinan yang bisa kita dapatkan jika mengalami kondisi seperti diatas.

Terjadinya perubahan rencana perjalanan.

Pada umumnya, semua tiket yang telah dibayar bisa dilakukan perubahan jadwal keberangkatannya. Namun ada beberapa syarat untuk itu.
  • Tiket yang telah dibayar bukan tiket promo ataupun tiket yang bersifat fixed date.
  • Perubahan jadwal atas tiket tersebut masih dalam waktu validitas tiket.
  • Jika terjadi selisih harga lama dengan harga baru, maka penumpang harus membayar selisih harga tersebut.
  • Membayar biaya administrasi (besarnya biaya ini tergantung airlines masing masing).
  • Syarat syarat lain tergantung Airlines masing masing.

Adapun cara melakukan perubahan jadwal ini adalah dengan mendatangi kantor penjualan tiket tersebut (bisa melalui travel agent ataupun airlines langsung) dengan menunjukkan print out itinerary tiket beserta tanda pengenal.

Terjadinya pembatalan rencana perjalanan.

Untuk tiket yang tidak jadi dipakai karena alasan alasan tertentu, ada beberapa kemungkinan yang bisa kita dapat.

* Untuk tiket promo atau tiket yang bersifat fixed date maka tiket tersebut hangus (tidak bisa dikembalikan uang).
* Tiket bisa kita uangkan (refund).

Terjadinya delay yang sangat lama atau pembatalan penerbangan oleh Airlines.

Kondisi ini mungkin pernah terjadi, adapun penyebabnya karena adanya masalah teknis dari airlines apakah itu maintence pesawat, cuaca yang tidak mendukung atau hal hal lainnya. Biasanya jika hal ini terjadi dan kita ingin melakukan pembatalan karena sebab diatas, maka pengembalian uang penuh bisa kita dapatkan kembali. Adapun caranya adalah dengan menghubungi airlines yang bersangkutan untuk pengembalian uang sebesar yang telah kita bayarkan atas tiket tersebut.

Disarankan jika akan melakukan perubahan jadwal keberangkatan ataupun pembatalan atas tiket yang telah dibayar sebaiknya dilakukan sebelum 24 jam dari jadwal keberangkatan semula. Ini untuk menghindari besarnya biaya administrasi yang dibebankan nantinya.

Post a Comment