Powered by Blogger.

Proses booking adalah proses pemesanan tiket pesawat yang dilakukan oleh pelanggan. Bagi yang sudah biasa bepergian dengan pesawat, kata booking bukanlah merupakan kata kata baru dan proses proses yang harus dilalui, apa saja yang diperlukan dalam proses booking serta apakah perlu biaya untuk melakukan proses booking sudah tidak menjadi pertanyaan lagi bagi mereka.

Bagi kita yang sama sekali belum pernah mengalami hal diatas, tentulah menjadi pertanyaan besar dikepala kita, bagaimana sih sebenarnya cara melakukan booking tiket itu?. Anda jangan merasa minder dahulu jika memang belum tahu tentang itu, karena mungkin masih banyak lagi orang orang diluar sana yang mempunyai problem yang sama dengan kita yaitu belum mengetahui bagaimanakah cara melakukan booking tiket itu.

Berikut akan dijelaskan bagaimanakah langkah langkah untuk melakukan proses booking tiket pesawat terbang tersebut.

Persiapkan nama nama penumpang yang akan berangkat

Sebelum Anda bergerak menuju tempat pembelian tiket pesawat baik itu ke travel agent maupun ke airlines, Anda terlebih dahulu harus mengetahui dan mempersiapkan nama nama penumpang yang akan berangkat. Disini diharapkan sekali nama nama yang Anda persiapkan tersebut adalah nama menurut kartu idenitas masing masing dengan kata lain bukan merupakan nama panggilan. Kenapa begitu ?. karena nantinya dibandara ketika melakukan proses check in penumpang yang akan berangkat tersebut akan diminta untuk menunjukkan kartu identitasnya untuk dicocokkan dengan nama yang ada pada kertas tiket.

Ya.. jangan sampai tiket yang Anda beli menjadi tidak bisa dipakai hanya karena adanya perbedaan nama pada tiket dengan nama pada kartu identitas. Pentingnya mempersiapkan nama nama penumpang ini sesuai dengan kartu identitas tidak hanya pada saat melakukan check in, bahkan pada waktu booking Anda juga akan sangat diuntungkan jika telah mempersiapkan nama namanya terlebih dahulu.

Mari kita simak cerita dibawah ini.

Si A datang kesebuah travel agent dengan maksud untuk melakukan proses booking untuk salah satu keponakannya. Sesampainya di travel agent, si A langsung menanyakan ketersedian seat untuk keponakannya tersebut. Bagian reservasi di travel agent tersebut memberitahukan bahwa pada saat itu masih tersedia 1 seat lagi harga murah sementara yang lainnya sudah merupakan harga mahal. Si A sangat senang sekali, tapi sayangnya dia tidak tahu siapa nama lengkap keponakannya tersebut, yang dia tahu hanyalah nama panggilan sayang dari keponakannya itu

Setelah mendapatkan nama lengkap keponakannya, si A kembali ingin melakukan proses booking, tapi alhasil 1 seat harga murah tadi ternyata sudah tidak ada lagi karena sudah keduluan oleh orang lain. Nah, rugikan ?? harga murah yang seharusnya menjadi milik Anda hanya karena Anda tidak mempersiapkan nama penumpang terlebih dahulu kini tidak lagi bisa Anda dapatkan.

Cek ketersedian seat

Oke, sekarang nama nama sudah Anda persiapkan, sekarang saatnya untuk ke travel agent atau ke airlines untuk melakukan booking tiket Anda. Saya anggap Anda pergi ke travel agent, yang harus Anda lakukan adalah menanyakan kepada bagian reservasi travel agent tersebut ketersedian seat yang sesuai dengan jadwal keberangkatan Anda.

Lakukan pengecekan untuk tiap tiap airlines jika Anda menginginkan perbandingan harga atau jam keberangkatan. Disini disini disarankan untuk ke travel agent karena di travel agent Anda bisa melakukan itu, melakukan perbandingan harga untuk beberapa airlines serta perbandingan jam yang tepat untuk jadwal keberangkatan Anda. Lain halnya jika Anda berada di airlines, Anda hanya bisa mengetahui harga untuk airlines itu saja.

Lakukan reservasi tiket

Jika nama nama penumpang sudah disiapkan dan Anda telah mendapatkan harga dan waktu yang cocok untuk jadwal perjalanan sekarang waktunya untuk melakukan reservasi. Yang melakukan proses reservasi ini adalah pihak travel agent atau airlines, kita hanya memberikan data data yang dibutuhkan untuk melengkapi data reservasi tersebut. Data data yang diperlukan antara lain:

· Nama penumpang sesuai dengan kartu identitas

· Tanggal dan jam perjalanan Anda

· Nomor telepon yang bisa dihubungi

Setelah semua data tesebut diatas dimasukkan ke reservasi oleh travel agent atau airlines maka proses booking tiket Anda sudah selesai. Jika pada saat itu Anda belum melakukan pembelian atas tiket tersebut dalam arti Anda hanya sebatas booking, maka Anda akan diberika time limit atau batas waktu untuk melakukan pembayaran atas tiket tersebut. Jika dalam waktu time limit tersebut Anda tidak melakukan pembayaran, maka secara otomatis sistem akan membatalkan bookingan Anda tersebut. Jika Anda menginginkan kembali bookingan tersebut, maka Anda harus mengulangi lagi langkah langkah booking dari awal kembali.

Post a Comment